Rabu, 24 Oktober 2012

Yoga Asana (dhanur asana)

DHANUÁ - ÀSANA (sikap busur) DHANUR-ÀSANA



Untuk sikap ini bertiaraplah. Luruskan lengan tangan di atas kepala, luruskanlah pula kaki (ujung yang bertentangan, kaki menyentuh kaki, lutut menyentuh lutut, tangan menyentuh tangan, badan lurus seluruhnya. Kini bawalah lengan dan tangan ke belakang, angkatlah kaki dan peganglah kedua pergelangan kaki setinggi mungkin, pada waktu yang sama bengkokkanlah bagian muka badan, seolah-olah anda ingin menyentuh tapak kaki dengan belakang kepala.

Cobalah pada permulaan menahan sikap ini selama 10 detik.
Lepaskanlah pergelangan kaki, tiarap seperti pada permulaan, lalu ulangilah sikapnya selama 10 detik. Lakukan latihan ini selama satu minggu.
Selama minggu yang berikut anda akan dapat bertahan kira-kira setengah menit dan sesudah melatih sebulan, anda akan dapat bertahan satu setengah menit, yakni selama menghitung sampai 100, atau anda dapat 15 kali mengucapkan Vyàhåti saptaka. Saya menganjurkan untuk jangan melebihi dua menit dengan àsana ini.
Dalam melatih àsana ini anda dapat beristirahat beberapa kali dengan tidak melepaskan pergelangan kaki.
Saya menasehati anda untuk tiap 30 detik perlahan-lahan memutarkan leher dan kepala, seolah-olah anda ingin mendapat pandangan lengkap dari tembok muka atau kaki langit di depan.
Putaran leher ini akan sangat bermanfaat bagi anda. Sesudah menyelesaikan latihan ini, lepaskanlah pergelangan kaki, tiaraplah, istirahatkan diri dan tarik napas dalam.
Kini lakukanlah lagi suatu Bhujaòga-àsana (sikap kobra).
Dalam pelaksanaan Dhanuá-àsana (dhanur-àsana) sebetulnya kedua kaki harus dirapatkan, tetapi tiadalah salah bilamana kaki dipisahkan sedikit satu dari yang lain dan kemudian dikumpulkan lagi. Pada akhir latihan, kaki harus diturunkan, sambil masih memegang pergelangan dengan tangan dan tumit harus diturunkan sampai menyinggung bokong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar