Rabu, 24 Oktober 2012

Yoga Asana (ardha matsyendra asana)

ARDHA - MATSYENDRA - ÀSANA (sikap berputar). 

 

Duduklah diatas lantai dan luruskan kaki anda. Kini angkatlah dan bengkokkan kaki kiri dan letakkan dilipat paha terhadap perineum (diantara dubur dan kandung buah-zakar). Bawalah kaki kanan ke atas kaki kiri dan letakkan diatas lantai. Tangan kiri lalu memegang jari kaki kanan di luar lutut kanan. Putarlah badan dan kepala untuk dapat melakukannya, tangan kanan yang bebas ditaruh di belakang dengan tapak ke luar. Sikap ini mempengaruhi tulang belakang dari sudut baru, karena memutarnya dari sisi.
Tahanlah sikap ini bermula beberapa detik. Setelah melatih beberapa hari sikap ini dapat diperpanjang sampai 15 detik (dua vyàhåti saptaka), 30 detik (4 saptaka) dan akhirnya satu menit (7 sampai 8 saptaka). Maksimal saya menasehatkan dua menit dan jangan lebih. Untuk dapat melaksanakan àsana ini diperlukan latihan dengan agak sabar.
James Hewitt mengusulkan suatu perubahan dengan memakai kursi, bagi mereka yang mengalami kesulitan untuk melaksanakannya secara murni. Ia mengatakan, mereka yang mengalami kesulitan dapat mencapai hasil yang sama dengan duduk diatas sebuah kursi, lalu memutar diri dan memegang ujung-ujung kursi dengan kedua tangannya. Jangan gerakkan kaki dan pinggang. Putar kepala dan bagian atas badan sejauh mungkin tanpa terlalu memaksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar