Rabu, 24 Oktober 2012

Yoga Asana (bhujangga asana)

BHUJAÒGA-ÀSANA (sikap ular kobra) 


Untuk sikap ini, berbaringlah dengan muka ke bawah, punggung ke atas, tapak tangan di atas tanah setinggi bahu. Dahi anda mengenai tanah dan kaki ditahan kaku dan rapat selama latihan.
Tegangkan juga bokong anda dengan sedapat mungkin rapat.
Kini angkatlah perlahan-lahan kepala dari tanah, seperti ular kobra yang mengangkat kepala. Tahanlah kaki dan perut sampai pinggang rapat di atas tanah. Hanya badan di atas pinggang yang diangkat.
Kini angkatlah dan turunkanlah kepala semudah mungkin. Sambil mengangkat kepala, muka, leher dan badan - atas mengikutinya. Cobalah melihat langit-langit dengan mata (pasti dengan sudut enam puluh derajat terhadap kaki langit). Demikianlah anda menyerupai seekor ular kobra yang mengangkat kepalanya.

Cobalah sebanyak mungkin menggunakan punggung tanpa terlalu memaksa diri. Pada permulaan tangan anda akan selalu harus membantu. Siapa tahu, sesudah berlatih cukup lama, barangkali anda tidak akan memerlukan lagi bantuan tangan.
Cobalah menahan sikap kobra ini selama 10 detik pada permulaan dan lambat laun dapatlah ditingkatkan menjadi satu menit atau enam vyàhåti saptaka.
Sesudah melakukan àsana ini bertiaraplah di lantai dengan muka ke bawah seperti pada permulaan. Ulangilah àsana ini sampai tiga atau lima kali. Akhirnya redakan diri dengan bertiarap sambil bernapas dalam dan beristirahat sedikit. Kemudian baliklah dengan punggung di atas lantai atau tikar dan adakan latihan napas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar