Selasa, 20 Agustus 2013

Mangga Kweni - Gresik

Kweni
(Mangifera odorata Griff)

nama lain :
Kuini
suku : Anacardiaceae



Deskripsi

Pohon mangga kweni dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 20-30 m. Kulit batangnya pecah-pecah dan berwarna abu-abu. Daunnya berbentuk bundar telur, bunganya terdapat dalam malai yang tumbuh pada ujung ranting, berbau harum, yang menusuk.
Buahnya berbentuk bulat lonjong atau bulat panjang. Buah yang telah masak berwarna hijau kekuning-kuningan atau jingga. Daging buahnya tebal, warnanya kuning jingga dan berserat. Rasanya asam manis dan aromanya seperti bau terpentin. Tanaman berkembang biak dengan biji. Cangkok atau okulasi, bisa menjadi alternatif perbanyakan yang cepat. Tanaman berbunga pada bulan Juni sampai September, dan buah masak pada bulan Agustus sampai Desember.


Ekologi

Tanaman kweni berasal dari Malesia, tumbuh baik pada tanah lempung, tanah yang bercampur pasir dan iklim kering, banyak ditemukan pada ketinggian 0-1000 m dpl.

Kegunaan

Buah masak dapat dikonsumsi langsung setelah dikupas. Buah masak maupun yang belum masak sering dijadikan bahan pembuat rujak, asinan, dan manisan.

Referensi

Heyne K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Jakarta: Yayasan Sarana Warna Jaya

Sastrapradja S, Soetisna U, Panggabean G et al. 1977. Buah-buahan. Proyek Sumberdaya Ekonomi. Lembaga Biologi Nasional-LIPI: Bogor

Bompard JM. 1992.Mangifera odorata Griffith. In Coronel, R.E. & Verheij, E.W.M. (Eds.): Plant Resources of South-East Asia. No. 2: Edible fruits and nuts. Prosea Foundation, Bogor, Indonesia. pp. 218-220.

1 komentar:

  1. Kenapa ya.., buah mangga kwueni klo masak dan jatuh di tanah itu tidak lama kemudian akan berbusa?

    BalasHapus