Selasa, 25 Desember 2012

LAHIR KEMBALI



Pelajaran 1: LAHIR KEMBALI

Pendahuluan:
Setelah seseorang mengaku dengan mulut dan percaya dalam hati bahwa Yesus adalah Tuhan (Rm. 10:10) dan membuka hati untuk menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi, maka Tuhan Yesus masuk dalam hidupnya (Why. 3:20) dan anugerah keselamatan itu diperolehnya (Ef. 2:8), kemudian dia diperdamaikan kembali dengan Tuhan (Rm. 5:8-10) dan berubah menjadi ciptaan yang baru (2Kor.5:17;Ef.2:10). Efesus 2:10

Karena kita ini buatan Tuhan, diciptakan (recreated-Amp. Bible) dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan balk, yang dipersiapkan Tuhan sebelumnya. Ia mau supaya kita hidup di dalamnya. (2 Korintus 5:17)


Jadi siapa yang ada di dalam Kristus. ia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 

Dari sinilah hidup seseorang akan diperbaharui, pembaharuan hidup ini tidak terjadi hanya satu kali saja tetapi secara terus menerus. Manusia yang sudah lahir kembali itu terus menerus diperbaharui, hari lepas hari sampai pada akhirnya menjadi serupa dengan gambar Khaliknya/ Penciptanya (Kol. 3:10; 2 Kor. 3:18).

Arti “LAHIR KEMBALI”
Setiap orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus harus lahir kembali, hal ini merupakan suatu keharusan tanpa tawar-menawar sebab tanpa lahir kembali, tidak mungkin kita dapat masuk dalam kerajaan Tuhan (Yoh. 3:5-7). Peristiwa kelahiran kembali ini begitu ajaib dan merupakan suatu mukjizat terbesar di dalam hidup kita, oleh karena Roh Kudus yang mengerjakannya di dalam kita. 

Kita tidak bisa mengerti arti lahir kembali melalui pengetahuanAlkitab kita, kepandaian kita, kebaikan kita atau bukan juga karena kita ini layak dan sebagainya. Memang agak sulit untuk mengerti makna dari lahir kembali ini dengan akal/pikiran kita sendiri. Kalau kita bisa mengeiti, itu semata-mata karena kasih karunia. Contoh : Nikodemus adalah seorang guru dan ahli Taurat. Meskipun dia seorang pemimpin agama Yahudi yang sudah banyak mengerti tentang Taurat, tetapi dia sama sekali tidak mengerti apa makna/arti dari lahir kembali itu (Yoh. 3:1-21). 

Supaya kita dapat mengerti apa arti dari lahir kembali ini dengan mudah, kita ambil sebuah contoh tentang tenaga listrik. Memang kita tidak bisa melihat tenaga listrik itu tetapi kita bisa tahu apakah listrik itu mati atau hidup dari akibat yang ditimbulkannya. Demikian juga tentang lahir kembali ini, memang kita tidak bisa melihat tetapi kita bisa rasakan hasilnya/akibatnya dimana ada sesuatu yang merubah hidup kita yang dikerjakan oleh Roh Kudus. Hal ini akan mudah dimengerti oleh mereka yang telah mengalaminya sendiri melalui perubahan dalam hidup mereka tetapi bagi mereka yang belum pernah mengalaminya memang sangat sulit untuk dimengerti. 

Mari kita bandingkan beberapa ayat yang terdapat di dalam Yohanes pasal 3 seperti di bawah ini. 

3:3     sesungguhnya      tidak dilahirkan        ia tidak dapat melihat
          jika seorang         kembali                     Kerajaan Tuhan

3:5     sesungguhnya      tidak dilahirkan        ia tidak dapat masuk
          jika seorang         dari air dan Roh       ke dalam Kerajaan Tuhan

3:16   setiap orang         yang percaya            tidak binasa, melainkan
                                      kepadaNya               beroleh hidup yg kekal

Mari kita perhatikan sejenak kolom ke tiga di atas yang menje- laskan tentang “percaya” (ay. 16) yaitu : sama dengan “dilahirkan kembali” atau “dilahirkan dari air dan Roh” (artinya baptisan). Jadi mengaku percaya saja, tidak cukup tetapi hidup kita harus berubah setelah dilahirkan kembali. Kehidupan lama harus ditanggalkan dan diganti dengan kehidupan yang baru.
Hal ini sama seperti proses metamorfosis (perubahan bentuk) yang terjadi pada ulat. Ulat adalah makhluk yang hina dan kotor. Tetapi dalam jangka waktu tertentu ulat ini bisa berubah menjadi kepompong, kemudian berubah bentuk lagi menjadi kupu-kupu yang indah, suatu perubahan yang baru sama sekali. Demikianjuga proses perubahan hidup yang terjadi setelah lahir kembali. Hidup kita yang lama yang penuh dosa, hina dan kotor berubah menjadi manusia baru.
Kelahiran kembali inijugajuga harus diikuti dengan Baptisan Air. Jadi setelah percaya dan dibaptis, baru diselamatkan. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Contohnya : Sida-sida dari Ethiopia yang dilayani secara pribadi oleh Filipus (Kis. 8:36-38), setelah percaya pada Yesus Kristus sebagai Anak Tuhan, maka Filipus tidak berkeberatan untuk membaptisnya (penjelasan tentang baptisan ini akan dijelaskan pada pelajaran 6).
Markus 16:16

Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

APA YANG TERJADI, SETELAH LAHIR KEMBALI?
Seseorang yang sudah lahir kembali itu, sebenarnyajuga sudah mengalami suatu pengalaman rohani di dalam rohnya, dimana rohnya dihidupkan kembali (Rm. 8:13; Yoh. 6:63). Itulah sebabnya Tuhan Yesus berkata bahwa siapa yang percaya, dia telah dipindahkan dari maut kepada hidup (Yoh. 5:24). Inilah yang terjadi pada saat seseorang lahir kembali. Sedangkan orang-orang yang belum percaya/orang- orang kafir atau orang-orang dunia yang hidupnya di luar Kristus itu sebenarnya roh mereka mati (Ef. 2:1). Di dalam Kejadian 2:17 dikatakan,”... sebab pada hari engkau mema.ka.nnya, pastilah engkau mati”. Maksudnya rohnya yang mati artinya terputusnya hubungan antara Tuhan dengan manusia. Jadi, walaupun secara fisik, mereka masih hidup di dunia ini, tetapi rohnya mati! Sebab itu mereka tidak memiliki kerinduan akan hal-hal yang rohani dan mereka selalu suka berkanjang di dalam dosa.

CIRI-CIRI LAHIR KEMBALI.
Ada tanda-tanda atau ciri-ciri khusus yang terjadi secara nyata pada seseorang yang telah mengalami kelahiran kembali yaitu :
1.    Hidupnya berubah dari manusia lama/kehidupan lama beserta sit’at- sifatnya, menjadi manusia baru/kehidupan baru yang disertai dengan sifat-sifat yang baru pula (2 Kor. 5:17). Hal ini disebabkan karena adanya pertobatan yang dapat merubah hidupnya sehingga tidak sama dengan dunia ini lagi (Rm. 12:2).
Ciri-ciri khas yang dapat dilihat antara lain :
- Dahulu suka berdusta, sekarang tidak lagi.
- Dahulu suka marah, sekarang tidak lagi.
- Dahulu suka mencuri, sekarang tidak lagi.
- Dahulu suka berzinah. sekarang tidak lagi.
- dan seterusnya...........................

2.    Mulai menaruh perhatian pada perkara-perkara rohani yang dahulu tidak pernah dirindukannya. Tetapi setelah lahir kembali dia mulai haus akan perkara-perkara rohani seperti rusa haus yang merindukan air (Maz. 42:2-3).
Ciri-ciri khas yang dapat dilihat, antara lain :
-      Suka membaca Alkitab atau buku-buku rohani.
-      Mulai suka berdoa, bersekutu atau beribadah.
-      Mulai suka menyanyikan lagu-lagu pujian dan ucapan syukur kepada Tuhan.
-      Mulai memiliki kerinduan untuk memberitakan Injil kepada jiwa-jiwa yang belum diselamatkan.
-      dan seterusnya ........................................

3.    Tidak malu mengakui dosa-dosanya di masa yang lalu, dan mulai timbul kemauan dari dalam untuk tidak ingin berbuat dosa lagi serta menolak godaan-godaan yang ingin menjerumuskannya ke dalam dosa, Mulai takut pada Tuhan dengan menjauhi kejahatan/dosa. Ciri-ciri khas yang dapat dilihat, antara lain :
Ada perasaan yang bersalah kalau ada keinginan untuk  berbuat hal-hal yang tidak benar dan yang bertentangan dengan Finnan Tuhan.
Sebelum melakukan sesuatu kegiatan mulai timbul keinginan untuk berdoa terlebih dulu atau paling tidak minta bantuan doapada orang lain yang lebih rohani atau pada hamba Tuhan. dan seterusnya............................................

BAHAN DISKUSI

Pelajaran 1: Lahir Kembali

I. PERTANYAAN PENUNTUN:
Setelah mempelajari pelajaran tentang “LAHIR KEMBALI”,  jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dalam bentuk diskusi.
1.    Setiap orang yang sudah mengaku percaya kepada Yesus, dia “diciptakan ulang” (recreated). Diskusikan dalam kelompok tentang apa yang dimaksud dengan “diciptakan ulang” tersebut!

2.    Apakah mungkin seseorang yang telah percaya kepada Yesus, hidupnya langsung berubah? Ataukah perubahannya itu terjadi secara  bertahap atau sedikit demi sedikit!
       * Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini setelah Saudara membaca dan mendiskusikan studi kasus di bawah ini:
       Sebelum percaya kepada Yesus, dahulu Tono suka sekali merokok (pemadat) bahkan kebiasaan ini begitu mengikat sehingga dia menjadi ketagihan. Kalau dihitung dalam sehari, dia bisa mengha- biskan 2 pak rokok (I pak isinya 20 batang).
       Tetapi setelah percaya kepada Yesus selama bulan pertama, Tono hanya menghabiskan I pak sehari. Pada bulan kedua dia menghabiskan hanya 5 batang sehari. Dan pada bulan ketiga hanya menghabiskan I batang sehari, kemudian pada bulan keempat dan seterusnya, dia tidak merokok lagi kecuali apabila ditawari teman-temannya, sekali-sekali dia merokok demi solidaritas atau apabila dia sangat kepingin, baru menghisap I batang. Sebagai penggantinya, Tono harus selalu mengunyah gula-gula (permen) di mulutnya, sebab kalau tidak berbuat demikian, dia tidak bisa  tahan!
       * Diskusikan kasus di atas, setelah itu masing-masing kelompok  mengemukakan pendapatnya sendiri-sendiri.———————————

3.    Apa yang dimaksudkan dengan “LAHIR KEMBALI”? (jelaskan dengan kata-kata Saudara sendiri, kemudian dibahas secara bersama- sama). _____________

4.    Apa yang menjadi tanda-tanda atau ciri-ciri yang menunjukkan bahwa seseorang sudah Lahir Kembali?  ______________.

5.    Sebutkan contoh-contoh praktis dari apa yang sudah Saudara alami! Misalnya : kalau dahulu suka marah, sekarang berubah menjadi sabar/lebih banyak mengalah. Dahulu begitu, sekarang begini! Pakailah kata “dahulu” dan “sekarang”! (Bacajuga Fil. 3:4-9).

II. KESIMPULAN:
Buatlah suatu kesimpulan dari hasil pembahasan di atas, dan kalau bisa kesimpulan ini diingat-ingat atau sebaiknya dicatat dan dibaca ulang di rumah. Minggu depan, sebelum membahas pelajaran tentang “Pengampunan Dosa dan Keyakinan Keselamatan”, Saudara diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum jelas
tentang pelajaran “Lahir Kembali” selama 5-10 menit.

III. AYAT HAFALAN : 2 Korintus 5:17
CATATAN:



LAMPIRAN  1

Pelajaran 1: Lahir Kembali

MENGAPA PERLLJ LAHIR KEMBALI?
Kebutuhan manusia terbesar untuk mengalami kelahiran kembali, itu terlihat dari kondisi keberdosaan manusia itu sendiri. Firman Tuhan mengatakan bahwa, “Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu’1 (Ef. 2:1). Kondisi ini mengakibatkan pihak manusia sendiri kehilangan pewahyuan tentang keberadaan (siapa dan bagaimana) Tuhan itu sebenamya. Sebagai akibatnya manusia mulai berbalik pada bentuk-bentuk ketidak-taatan (Ams. 16:25;Rm. 1:18-32). Sedangkandi pihak Tuhan, Diamenuntut kekudusan sebagai syarat mutlak supaya manusia dapat mempunyai persekutuan kembali dengan Dia (Ibr. 12:14). Dan tidak ada satu manusiapun yang memenuhi syarat ini karena semua manusia telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Tuhan (Rom. 3:23), kecuali Yesus. Hanya Dialah satu-satunya yang kudus dan tidak pemah berbuat dosa (Luk. 1:35) karena Dia sendiri adalah Tuhan yang Kudus.

Karena kenyataan inilah, maka keberadaan manusia mutlak mengalami suatu “perubahan radikal” di dalam kehidupannya di dunia ini. Dan untuk mengalami hal ini, maka Tuhan telah menjanjikan sebuah perubahan melalui pengalaman “lahir kembali”, yang dikerjakan oleh perbuatan Tuhan yang ajaib seperti yang dikehendaki oleh Tuhan (Yoh. 1:13).

SUMBER LAHIR KEMBALI
Dari Firman Tuhan, kita dapat mengetahui bahwa sumber kelahiran kembali adalah “Pekerjaan Roh Kudus” atas manusia berdosa dengan menggunakan Firman Kebenaran (Yak. 1:18), yaitu pesan keselamatan yang dapat kita temukan di dalam Injil Kristus. Sebagaimana kelahiran secara daging terjadi karena hubungan suami-isteri, demikian juga kelahiran kembali secara rohani terjadi karena kerjasama antara Roh Kudus dan Firman Tuhan (1 Pet. 1:23).

Tugas dari Roh Kudus adalah menaruh kebenaran Injil ini pada pengertian si pendengar (Yoh. 16:8-11). Dan ‘’lahir kembali” terjadi ketika Roh Kudus menyampaikan kebenaran dari pesan Injil kepada seseorang (untuk dimengerti dan diakui, bahkan diterimanya sendiri) sehingga orang tersebut meresponi/menanggapi dengan menerimanya. Jadi Roh Kudus menggunakan Firman Tuhan untuk mengetuk atau menempelak hati seseorang dan kalau orang tersebut mendengar suara ketukan/pesan Firman Tuhan ini dan membuka pintu hatinya maka saat itu juga Dia masuk dalam hidupnya (Why. 3:20) dan memberi kelahiran kembali (Yoh. 3:5-6).

Jadi peristiwa kelahiran kembali ini terjadi karena ada inisiatif Roh Kudus dan ada tanggungjawab manusia dalam menanggapi Roh Kudus.
****************
 
Sumber: buku Program Pemuridan Paket A
oleh: Pdt. Ir. Lokky S. Tjahja % Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar