Senin, 02 Desember 2013

Sampi Grumbungan

Sampi Grumbungan adalah acara balapan sapi di Singaraja Bali yang mirip dengan Karapan Sapi di Madura

Saat saya masih kecil, pernah menyaksikan acara Sampi Grumbungan di lapangan belakang rumah, yaitu lapangan Ngurah Rai. Acaranya sangat seru dan menarik juga unik. Saat itu saya mengira acara ini hanya ada di kota Saya. Ternyata, sampi Grumbungan tidak hanya dilaksanakan di Kota Singaraja, tetapi di Desa-desa di Kabupaten Buleleng juga ada. Bahkan di Desa Bebetin yang ada di wilayah Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Singaraja - Bali, sudah menjadi acara rutin dan sejak 17-11-2002 diresmikan oleh Bapak Bupati Buleleng sebagai Kelompok Usaha Ternak Sapi “Wiwit Merta Sari”
Untuk info yang di Desa Bebetin
Kegiatannya dilaksanakan rutin setiap hari minggu pagi dari jam 08.00 wita-10.00 wita dilapangan umum Desa Bebetin dan sering digunakan pada hari-hari tertentu sebagai sarana penyambutan acara lomba dan kegiatan resmi lainnya serta acara syukuran. Andapun aman jika mau ikut menaikinya sebagai joki saat atraksi karena sapi tergolong terlatih dan sangat bersahabat yang dipandu oleh orang yang profesional, tentu ini merupakan pengalaman yang sangat mengesankan.
Lokasi atraksi sapi gerumbungan hanya ± 1 km dengan lokasi air terjun sekumpul atau 15 menit perjalanan dengan transportasi. Jika perjalanan wisata dari Lovina menuju air terjun sekumpul anda akan melewati lokasi atraksi sapi gerumbungan dan lokasi Bukit Bebetin di Desa Bebetin yang berjarak 23 km dengan waktu tempuh ± 50 menit saja. Kunjungan ke lokasi objek wisata di Desa Bebetin dan air terjun sekumpul bisa melewati jalur alternatif diantaranya : dari Kintamani melewati Tamblang-Bontihing-Pakisan menuju Bebetin-Sekumpul, dari Air Sanih melewati Jagaraga menuju Bebetin-Sekumpul atau dari Denpasar melalui Puncak Sari (Desa Wanagiri) dan Lemukih menuju Sekumpul dan Bebetin.
 patung sampi grumbungan


Patung Karapan Sapi ini mirip dengan yang ada di Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar