Rabu, 15 Oktober 2014

Cerme - Ngawi

Cerme
gambar-pohon-Cerme
(Phyllantus acidus L) 

nama lain :
-
suku : Euphorbiaceae



Deskripsi

Tanaman termasuk pohon berumah satu, kecil, dan tidak berbulu dengan ketinggian mencapai 10 m dan bercabang. Pohon meranggas. Tanaman ini memiliki 25-30 daun pada setiap anak cabangnya. Daun lebar bulat telur dengan ukuran 4-9 cm x 2-4,5 cm, pada bagian basal membulat. Tangkai daun berukuran 2,5-4 mm panjangnya. Bunga berbilangan empat, dengan filamen dan kepala sari bebas. Buahnya bertipe buah batu, dengan ukuran 1-1,5 cm x 1,2-2,5 cm ketika masih segar, bercuping 8, kuning kehijauan. Biji sangat halus.

Ekologi

Tanaman ini menyukai daerah tropis yang lembab, dan dapat hidup di tanah yang berat, tetapi menyukai drainase yang baik.

Kegunaan

Akar dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma, sakit kepala. Buah dapat digunakan sebagai tonik liver untuk memperkaya darah. Buah dapat diolah sebagai siruup atau manisan, dan daun mudah digunakan sebagai sayuran.

Ciri-ciri buah cerme

Pohon cerme tidak begitu besar tetapi dia dapat mencapai ketinggian hingga 10 meter dengan daun tunggal yang berbujur telur dengan susunan selang seling, daun pada bagian pucuk yang masih muda memiliki warna hijau ke kuning-kuningan campur kemerahan dengan bunga majemuk. Buah cerme agak unik karena buah cerme memiliki lekuk yang berjumlah 6 lekukan dengan kulit berwarna kuning dan warna isi kekuningan dan rasa yang masam.

Khasiat dan manfaat buah cerme

Tahukah anda bahwa pada daun cerme banyak mengandung air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Dengan memakan buah cerme anda akan mendapatkan kandungan serat, mineral dan vitamin C.
Dengan memakan pucuk cerme akan membuat kulit anda sehat dan indah, cerme juga dapat digunakan sebagai penawar dari gigitan serangga biasa, tekanan darah tinggi, dan kanker, buah cerme juga dapat digunajan untuk penderita sembelit.
Daun cerme berkhasiat untuk obat urus-urus, mual. Bagaian akae cerme bermanfaat untuk asma dan daun cerme yang masih muda untuk mengatasi sariawan

Referensi

Heyne K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Jakarta: Yayasan Sarana Warna Jaya

........ 1999. Phyllanthus L. In de Padua LS, Bunyapraphatsara N, Lemnens RHMJ (Eds): Plant Resources of South-East Asia No 12 (1): Medical and poisonous plant.. Prosea Foundation, Bogor, Indonesia Pp 381-387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar